Site icon berita Azam

20 Agustus Nanti, FPK Riau Gelar Pagelaran Budaya Nusantara di Jalan Gajah Mada

Para pengurus FPK Riau dan panitia dalam jumpa persnya menyebut akan menyelenggarakan parade budaya nusantara. Foto: BeritaAzam

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau berencana mengadakan Parade Bhinneka Tunggal Ika dan Pagelaran Budaya Nusantara pada Ahad, 20 Agustus 2023. Kegiatan ini akan berlangsung dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Ketua Panitia Pelaksana Parade Bhinneka Tunggal Ika dan Pagelaran Budaya Nusantara FPK Provinsi Riau, Peng Suyoto dan Sekretaris Panitia Pelaksana Jailani menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghidupkan semangat keberagaman dan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Acara ini akan mempersembahkan seni budaya dari 12 daerah yang merupakan bagian dari paguyuban-paguyuban yang tergabung dalam FPK Provinsi Riau.

Peng Suyoto menyatakan akan ada 12 pertunjukan seni yang meliputi Melayu, Minang, Aceh, Sumatera Bagian Selatan, Batak, Maluku, Makassar, Jawa, Sunda, Kalimantan, Papua, dan Tionghoa. Pertunjukan seni ini memiliki nilai khusus karena jarang dipertunjukkan, sehingga diharapkan akan menarik perhatian masyarakat yang hadir.

Dalam acara ini, diharapkan Gubernur Riau, H Syamsuar, akan membuka Parade Bhinneka Tunggal Ika, dan barisan Parade akan dilepas oleh Ketua Dewan Pembina FPK Riau, Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution, S.IP.

Peng Suyoto menambahkan, “Parade Bhinneka Tunggal Ika akan melibatkan sekitar 4.000 peserta, termasuk Drum Band Laperu, Drum Band SMK Taruna, Drum Band SMP 9, 50 anggota Paskibraka Indonesia Provinsi Riau yang akan membawa Bendera Merah Putih sepanjang 78 meter, Dewan Pengurus FPK Riau, 57 pasang pakaian adat dari berbagai daerah yang merupakan bagian dari barisan Bhinneka Tunggal Ika, dan 57 paguyuban yang tergabung dalam FPK Riau.”

Selain itu, akan ada juga bazar makanan dan kerajinan khas daerah yang diikuti oleh 46 paguyuban. “Setiap paguyuban akan menampilkan ciri khas daerah mereka masing-masing,” tambahnya.*

 

Exit mobile version