‘GAS Meledak!’ Ribuan Masyarakat Kandis Siap Menangkan Afni-Syamsurizal

BeritaAzam.com, Kandis – Tumpah ruah. Bukan lagi ‘menyala tapi meledak’ saat ribuan masyarakat Kecamatan Kandis, Siak, memadati dua titik kampanye pasangan calon Bupati Siak nomor urut 2 Afni Z-Syamsurizal di Kecamatan Kandis, Sabtu (19/10/2024).

Antusias warga tak terbendung hingga memberikan ulos kepada calon bupati perempuan pertama di Siak, sebagai bentuk dukungan. Tiga lokasi tersebut yakni Kampung Kandis dan Kampung Libo jaya.

Terik matahari tak menyurutkan semangat masyarakat untuk bertemu calon bupati perempuan pertama dan program apa saja yang ditawarkan Dr.Afni, Sabtu (19/10/2024).

Hadir juga anggota DPRD Siak Sabar Sinaga dari Partai Demokrat, Dermanto Situmorang dari Partai Nasdem, dan Tornando dari Partai Golkar. Juga hadir politisi partai pengusung seperti Marihot L Tobing, Miduk Gurning, dan Ariadi Tarigan. Selain itu juga hadir tokoh masyarakat Sakai Tarmizi, tokoh Batak Karo Kontru Tarigan, dan banyak tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Permasalahan yang sedang dialami masyarakat Kampung Kandis yakni terkait status kawasan yang masuk kawasan konsensi. Sehingga meskipun masyarakat setempat memiliki sertifikat tanah, tetapi tidak bisa dimanfaatkan untuk mengajukan pinjamkan ke Bank.

“Jalan lintas di kampung ini masuk konsensi. Kiri kanan diklaim. Jadi kami tidak bisa memanfaatkan surat tanah kami untuk ke bank. Kami mohon kalau ibu nanti terpilih, lihatlah penderitaan kami disini,” ujar warga Kampung Kandis Sani Purba yang pernah menjabat sebagai kepala kampung setempat.

Sani yakin Dr.Afni merupakan calon terbaik yang bisa menyelesaikan permasalahan status lahan di kampungnya yang selama ini tak kunjung selesai.

“Dengan pengalaman ibu selama 10 tahun sebagai Tenaga Ahli Menteri LHK, kami yakin telah mendukung calon pemimpin yang tepat untuk menyelesaikan masalah di Kampung kami,” tegas Sani.

BACA JUGA:  Kolonel Unang Resmi Lantik Pejabat Baru di Lingkungan Korem

Sani menyebutkan warga Kampung Kandis kompak menyatukan suara untuk memenangkan Paslon Bupati nomor urut 2 Afni Z-Syamsurizal. “Insyaallah jika ibu Afni jadi Bupati, semua program yang ada akan kita kawal bersama,” sebut Sani.

Menanggapi harapan yang diberikan masyarakat Kampung Kandis, Dr.Afni mengaku sudah mengetahui masalah utama yang kerap dialami masyarakat terkait Kecamatan Kandis yang mayoritas masuk kawasan hutan. Masih banyak rumah-rumah yang belum bersertifikat.

“Sebab itu program pertama saya di kertas yang bapak ibu pegang yakni perjuangan hak hutan tanah masyarakat Siak,” ujar Afni.

Afni sudah menunjukan niat baiknya membantu masyarakat Siak. Bahkan calon bupati perempuan pertama di Siak ini, merupakan salah satu aktor penting dari lahirnya SK biru lahan sawit rakyat Rantau Bertuah Kecamatan Minas, dan juga banyak SK Perhutanan Sosial lainnya.

Aktivis pejuang hak hutan tanah masyarakat Siak menyebutkan perjuangan yang sama akan terus dilaksanakan di semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak termasuk Kecamatan Kandis.

Menggratiskan seragam sekolah bagi siswa SD dan SMP juga menjadi prioritas Ketua Muslimat NU Siak ini. Ia memahami permasalahan orang tua yang kerap mengalami kesusahan setiap kali anak-anaknya masuk sekolah.

“Beban ibu-ibu di rumah sudah banyak. Jangan sampai masalah seragam juga membebani ibu di rumah. Nanti ketika saya sudah menjadi Bupati, seragam sekolah SD dan SMP akan saya gratiskan,” ujar Afni yang disambut tepuk tangan warga Kandis.

Bukti keseriusan warga kampung Kandis mendukung Paslon Bupati nomor urut 2, tokoh masyarakat setempat menyerahkan ulos kepada Afni yang sebelumnya telah diberi marga Tarigan. Sembari menyanyikan lagu Batak Margogo Ijur Bari, Afni dikerumuni masyarakat.

Suasana meriah juga terlihat di pasar Libo Jaya. Tempat yang disediakan penuh dengan masyarakat yang ingin hadir mendengarkan program Paslon nomor 2 tersebut.

BACA JUGA:  Komnas Disabilitas Dukung Unilak Wujudkan Menuju Kampus Ramah Disabilitas

“Kami merinding dan terharu. Baru kali ini ada kampanye calon Bupati yang datang masyarakatnya seantusias ini. Pertanda rakyat Kandis memang menginginkan perubahan dan ingin ganti Bupati. Kami akan kawal kemenangan Ibu Afni menang di Kandis dan Kabupaten Siak,” kata ketua tim relawan, Eka. *