Bakar Tongkang Bagian dari BBI dan BBWI

Gubernur Syamsuar

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Gubernur Riau Syamsuar dengan bangga mengumumkan bahwa Festival Bakar Tongkang 2023 di Bagansiapiapi telah menjadi bagian integral dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). Menurut Gubernur Syamsuar, festival ini berhasil menarik minat banyak wisatawan mancanegara untuk mengunjungi ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Tidak hanya itu, festival yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 Juli 2023 ini juga memberikan peluang kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Rokan Hilir, dan secara keseluruhan, di Provinsi Riau.

“Dengan adanya kegiatan ini, perekonomian daerah akan mengalami peningkatan. Selain itu, festival ini juga sejalan dengan gerakan nasional BBI dan BBWI,” kata Gubernur Syamsuar di Kelenteng In Hok Kiong, pada Selasa (4/7/2023).

“Saati ini, pemerintah juga tengah mendorong pariwisata domestik untuk meningkatkan perekonomian di berbagai daerah, termasuk Rokan Hilir,” tambahnya.

Gubernur yang pernah menjabat sebagai bupati Siak selama dua periode ini menjelaskan bahwa saat ini Riau termasuk dalam sembilan provinsi yang menjadi penggerak program bangga berwisata di Indonesia dan gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

“Riau termasuk salah satu dari sembilan provinsi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur Syamsuar berharap ritual Bakar Tongkang dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat, serta menarik lebih banyak lagi wisatawan mancanegara di masa depan.

“Ritual Bakar Tongkang di tanah Bagan ini akan menjadi even wisata nasional yang membanggakan, dan semakin terkenal di berbagai negara,” pungkasnya dengan semangat.*

BACA JUGA:  Pencapaian Pasca Alih Kelola Blok Rokan, PHR Tajak Sumur ke 1.000 untuk Menopang Energi Nasional