Pengurus IKA FH Siap Dukung Pemilu Damai dan Berikan Bantuan Hukum untuk Masyarakat

Kepengurusan IKA Fakultas Hukum Unri periode 2022-2026 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum IKA Unri H Wan M Hasyim SE AK, Sabtu (09/12/2022).

 

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Kepengurusan IKA Fakultas Hukum Universitas Riau (Unri) periode 2022-2026 resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum IKA Unri H Wan M Hasyim SE AK, Sabtu (09/12/2022).

Pelantikan dan pengukuhan dihadiri Sekum IKA Unri Aiden Yusti SPd MPd Wakil Rektor III Dr Hermandra SPd MA, Dekan FH Unri Dr Maria Maya Lestari SH MSc MH, Wakil Dekan III Erdiansyah SH MH Gubernur Riau diwakili Dr Ardiaen Simeru SPd MKom (Kabid SMK Pemprov Riau), Danrem 031/Wirabima diwakili Mayor Indra Nur S.H (Kepala Hukum Korem), Kakanwil Kemenkumham diwakili Nobelman P Siringoringo, SE (Kasubag Program dan Pelaporan Kanwil Kemenkumham Riau) Polresta Pekanbaru diwakili oleh Bidang Hukum Dr Rudi Pardede SH MH dan Perwakilan Kejati Riau.

Usai pelantikan, Ketua IKA FH Unri Ronal Akhyar SH yang ditemui mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum IKA UNRI yang telah hadir langsung dan melantik pengurus.

“Kami memiliki lebih dari 2000 alumni yang tersebar dari Sabang-Merauke, alumni telah ada yang Jaksa, Hakim, Polisi, Pengusaha dan lain-laim, Fakultas Hukum berdiri dimulai pada tahun 2001, dan saya adalah angkatan kedua (2002), saat itu masih bergabung di Fakultas Ilmu Politik Unri, dan tahun 2004 resmi berdiri FH Unri. Saya beraharap forum IKA FH Unri ini bisa menumbuhkan semangat gotong royong, silaturahmi, dan membesarkan rumah kita(FH Unri), dan kompak,” sebut Ronal.

Sementara Ketum IKA Unri H Wan M Hasyim sangat senang dan bangga bisa melantik FH Unri.

“Selamat untuk pengurus. Saya yakin alumni Fakultas Hukum akan memberikan banyak dukungan dibidang hukum bagi IKA Fakultas lain dan Universitas. Dengan latar belakang saya pengusaha tentu dukungan alumni hukum akan memberikan nilai positif, di kepengurusan pusat IKA UNRI juga ada beberapa pengurus merupakan almuni FH Unri,” ucapnya.

BACA JUGA:  Ketua Yayasan dan Rektor Unilak Lantik Pejabat Struktural, Ini Pesan Yang Disampikan

Dekan FH Unri Dr Maria Maya Lestari dalam sambutannya merasa bangga bisa hadir dalam pelantikan IKA FH UNRI. Dulu di tahun 2001-2002 merupakan perjuangan panjang dalam proses pendirian fakultas hukum, dan ini dirasakan oleh mahasiswa saat itu.

“Alhmadullillah saya melihat alumni FH Unri saat ini sudah suskes dan sehat sehat, ini merupakan suatu kebanggaan. Kebanggaan seorang dosen adalah pada saat mahasiswanya lebih hebat dari dosen, saya bangga. Saya harap alumni bisa membesarkan rumah (FH Unri), yang bisa membesarkan FH Unri adalah kita sendiri, alumni. Kita harus bangga jadi alumni FH Unri, kita harus memperkenalkan FH Unri di nasional dan internasional. Kami siap memberikan bantuan, untuk alumni yang belum S2, segera pulang dan ambil program Magister Hukum Unri,” ucap Dr Maria.

SK Kepengurusan IKA FH Unri dibacakan oleh Sekum IKA Unri Aiden Yusti, pelaksanaan pengukuhan IKA FH Unri termasuk yang terbaik, besar dan istimewa. karena diisi dengan diskusi Publik & Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 dengan tema: “Kondusifitas dan Penegakan Hukum untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024”. Dengan narasumbur dari Kejati, Polda, Bawaslu Pekanbaru, hal ini dilakukan selaras dengan kondisi saat itu tentang masa pemilu 2024.

Ditempat yang sama Wakil Rektor III Dr Dr Hermandra SPd MA mengucapkan selamat kepada pengurus IKA FH UNRI yang telah dilantik, mudah mudahan pengurus baru mempunyai aksi yang besar bagi kemajuan Unri.

“Saat ini telah ada program S2 Hukum, dan ini kami yakin tidak beberapa lama lagi akan ada S3 Hukum di Fakultas Hukum Unri, saat ini dinamika dosennya saat ini mempuni, mungkin memenuhi syarat.mudah mudahan terpenuhi. “Ucap Dr Hermandra.

BACA JUGA:  Panglima TNI Dukung Fun Walk PWI dan HUT IKWI

Dr Hermandra mengajak alumni alumni yang berada di Sabang-Merauke kalau bekerja di Riau untuk dapat kembali kuliah di Unri dengan mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kami berharap sinergi yang baik antar IKA Fakultas, dengan IKA lain, dan IKA Universitas dengan Universitas, kemajuan kita itu juga dibangun oleh alumni. Saat ini Unri berusia 60 tahun memiliki kontribusi besar bagi Riau dan Indonesia, dan saat ini memiliki 36 ribu mahasiswa dan alumni lebih dari 120 ribu orang.

Usai pelaksanaan pelantikan pengurus, dilanjutkan oleh diskusi publik. Ketua panitia pelantikan Wahyu SH mengucapkan terima kasih atas kehadiran narasumber dan dukungan fakultas, alumni, Unri dan lain-lain. Dalam pelaksanaan ini sengaja kami juga menggagas diskusi berkaitan dengan Pemilu, dalam hal ini kami mendukung pelaksanaan proses pemilu damai yang digagas oleh pemerintah dan aparat penegak hukum. TNI Polri, KPU, Bawaslu dan pihak lainnya.*