Hadiri Harlah Pancasila di Dumai, Rektor Unilak: Kita Punya Tanggung Jawab Menjaga Pancasila

Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Prof Dr Juanidi.

BeritaAzam.com, Dumai – Rektor Universitas Lancang Kuning (Unilak) Prof Dr Juanidi menghadiri upacara peringatan hari lahir (harlah) Pancasila di lapangan Garuda Blok Rokan Dumai, Sabtu (01/06/2024).

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh presiden Joko Widodo.

Tampak Rektor Unilak Prof Junaidi berada di barisan undangan VIP menggunakan seragam batik, khitmad mengikuti upacara bersama dengan ribuan masyarakat Dumai dan Riau.

Ditemui usai upacara Peringatan hari lahir Pancasila, Prof Junaidi menegaskan pentingnya bagi bangsa Indonesia untuk selalu menjaga Pancasila. Karena Pancasila adalah pemersatu kekuatan bangsa Indonesia. Keberagaman suku bangsa, agama dan budaya yang dimiliki Indonesia harus dapat dikelola dengan baik untuk kemajuan bangsa Indonesia. Peran Pancasila sangat strategis karena Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia yang dapat mempersatukan semua komponen bangsa.

Prof Junaidi, yang juga Ketua Forum Dewan Pendidikan se Indonesia ini mendorong semua komponen bangsa untuk terus mempertahankan Pancasila. Pancasila harus terus diajarkan di institusi pendidikan. Nilai luhur dan mulia yang terkandung dalam Pancasila harus dipegang teguh dan diaplikasikan dalam kehidupan.

“Masyarakat patut bersyukur dan berbangga Riau dan kota Dumai dipercaya sebagai pelaksanaan upacara Harlah Pancasila. Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga Pancasila. Semoga peringajatan Hari lahir Pancasila 01 Juni semakin menguatkan pemahaman dan kesadaran kita untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Kita harus mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masa kini. Generasi muda harus diberikan pemahaman tentang Pancasila dengan pendekatan yang sesuai dengan cara cara mereka. Kita harus bisa menghasilkan generasi tangguh yang memegang nilai-nilai Pancasila,” tutur Prof Junaidi.

Pantauan di lokasi, peserta upacara tampak menggunakan beberapa pakai adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Hari lshir Pancasila mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

BACA JUGA:  Bekerja Sama Dengan Kanwil Direktorat Jendral Pajak, PWI Riau Gelar Edukasi Perpajakan

Sementara Presiden Joko Widodo menggunakan pakai adat Melayu warna hitam lengkap dengan tanjak. Pelaksanaan upacara berlangsung lancar dan dihadiri sejumlah Menteri dan pejabat Pemprov Riau.(*)