Bertemu Pj Rahman, Kesbangpol dan FPK Riau Koordinasikan Tiga Iven

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Pihak Kesbangpol dan Pengurus FPK Riau, Ahad (28/8) beraudiensi dengan Pj. Gubernur Riau (Gubri) yang baru, Dr. Rahman Hadi, M.Si di sebuah hotel, Pekanbaru. Pertemuan ini sekaligus mengoordinasikan persiapan tiga iven: Rakor FPK Riau, Pesona dan Parade Bhinneka Tunggal Ika (BTI).

Acara ini dihadiri Kaban Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si didampingi Kabid. Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Surya Dinata, S.Sos dan Ketua FPK Riau, Drs. Auni M. Noor, M.Si beserta sejumlah pengurus.

Kaban Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si mengawali pembicaraan menjelaskan audiensi ini sangat penting dengan Pj. Gubri yang baru terkait tugas-tugas di bidang ideologi kebangsaan dan hubungan antaretnik dan budaya di Provinsi Riau.

Jenri juga melaporkan dalam rangkaian iven ini akan disatukan dengan penyerahan penghargaan bagi daerah yang terbaik dalam penyelenggaraan Gerakan Sejuta Bendera se Indonesia. Dalam hal ini bila kondisi memungkinkan, Mendagri Jen. Pol (Purn) Tito Karnavian, akan hadir secara langsung. Namun hal ini belum bisa dipastikan.

Pj. Gubri, Dr. Rahman Hadi, M.SI merasa gembira dapat bertemu dengan pihak Kesbangpol dan pengurus FPK padahal baru dilantik dua hari sebelumnya.

“Saya baru 2×24 jam jadi Pj. Gubernur, namun sudah langsung bekerja di antaranya menjadi Irup 17 Agustus, pemberian remisi bagi para tahanan dan ramah-tamah dengan Paskibraka,” ujar Rahman.

Sehubungan, tiga Iven penting FPK Riau yakni Rakor, Parade dan Pesona BTI, Rahman menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan Kemendagri sebagai Iven berskala nasional. Waktu persiapan yang tinggal sekitar dua minggu ini harus diintensifkan.

“Dulu kita kenal istilah koordinasi dalam menyukseskan suatu kegiatan. Sekarang harus ditingkatkan menjadi kolaborasi yang dapat mewujudkan sinergitas,” kata Rahman yang juga Sekjen DPD RI ini.

BACA JUGA:  Gubernur dan Forkopimda Riau Bergembira Menari Randai Kuansing di Parade Bhinneka Tunggal Ika

Sementara Ketua FPK Riau, Drs. Auni M. Noor, M.Si menjelaskan keberadaan FPK sebagai forum yang dibentuk berdasarkan Permendagri tahun 2006 mempunyai peran strategis dalam mewujudkan hubungan antaretnis di Riau. Saat ini FPK beranggotakan 84 paguyuban etnik dan asal daerah.

Selain itu, Ketua Panitia Parade BTI, Peng Suyoto didampingi Sekretaris, Jailani melaporkan persiapan ketiga Iven yang dapat dikelola secara baik. Parade ini akan diikuti lebih 3.500 peserta pawai, dan diperkirakan akan disaksikan ribuan warga masyarakat.

Terkait pengecekan persiapan panitia, kata Peng, dalam waktu dekat akan berkunjung Direktur Bina Ideologi dan Wawasann Kebangsaan, Sudradjat di Pekanbaru.

Dalam pertemuan itu tampak hadir sejumlah wakil ketua FPK Riau, Fakhrunnas MA Jabbar, Santoso, Sadrianto, Max Robert, Misrawansyah, Sunaryo, Rendra dan Bendahara, Syahrial.*