Site icon berita Azam

DK PWI Riau Gelar Sosialisasi KEJ dan KPW untuk Wartawan Se-Indonesia

Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang dan rombongan diterima Sekretaris DK PWI Pusat Sasongko Tedjo dan anggota DK Asro Kamal Rokan, di Kantor PWI Pusat Jakarta, Sabtu (17/6/2023).

BeritaAzam.com, Jakarta – Etika dan moralitas merupakan hal fundamental yang harus dijunjung tinggi oleh para wartawan dalam menjalankan profesinya serta memperkuat organisasi profesi.

“Saat ini, etika dan moralitas memiliki peran yang sangat penting, selain kompetensi,” ujar Sekretaris Dewan Kehormatan (DK) PWI Pusat, Sasongko Tedjo, saat menerima kunjungan rombongan PWI Provinsi Riau di Kantor PWI Pusat Jakarta pada Sabtu (17/6/2023).

Rombongan tersebut dipimpin oleh Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, Ketua DK PWI Riau, Helmi Burman, serta Wakil Ketua Bidang Organisasi Raja Isyam Azwar, Bendahara Oberlin Marbun, dan Penasihat PWI Riau, Novrizon Burman.

Sasongko, yang pada saat itu ditemani oleh anggota DK PWI Pusat, Asro Kamal Rokan, mengungkapkan keprihatinannya terkait banyaknya pelanggaran Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Kode Perilaku Wartawan (KPW), dan norma organisasi dalam beberapa waktu terakhir.

“Kode Etik Jurnalistik, Kode Perilaku Wartawan PWI, dan norma organisasi PWI merupakan kesatuan yang harus selalu menjadi perhatian para wartawan dalam menjalankan profesinya,” tegas Sasongko.

Baik Sasongko Tedjo maupun Asro Kamal Rokan menyambut baik rencana PWI Riau dan DK PWI Riau untuk menyelenggarakan Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku Wartawan pada tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2023 di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Keduanya, sebagai wartawan senior, menyatakan kesiapannya untuk menjadi narasumber dalam acara tersebut.

“Kami mengunjungi PWI Pusat dengan tujuan mengundang Ketua DK PWI Pusat dan Sekretaris DK sebagai pemateri dalam acara sosialisasi KEJ dan KPW PWI di Batam nanti. Pak Dahlan Iskan juga akan hadir untuk menyampaikan materi mengenai menjaga integritas profesi wartawan,” ujar Zulmansyah Sekedang.

Sebagai Komisaris Riau TV, Zulmansyah menjelaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh PWI Riau di Batam, Kepulauan Riau, merupakan kolaborasi antara PWI Riau dan DK PWI Riau dalam upaya meningkatkan integritas dan profesionalisme wartawan.*

Exit mobile version