Site icon berita Azam

Goes to Campus, APGWI Paparkan Trik dan Tips Masuk Dunia Kerja

BeritaAzam.com, Rohul – Bertempat di Aula Universitas Pasir Pengaraian, PT APG Westkampar Indonesia mengadakan kegiatan yang bertajuk APGWI Goes to Campus pada Rabu (23/10/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Rektor Universitas Pasir Pengaraian Dr. Hardianto, M.Pd, Analis Departemen Operasi SKK Migas Sumbagut Dwika Fiqri Syuhada, Pjs. Manager Operations PT APGWI Bonni Andrian, Field Support Team Leader PT APGWI Fawaid Darsyah.

APGWI Goes to Campus merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi dan sharing session terkait kegiatan hulu migas kepada mahasiswa di Universitas Pasir Pengaraian yang meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi serta overview PT APG Westkampar Indonesia. Tidak hanya itu, selain materi terkait migas, APGWI Goes to Campus juga menghadirkan expert di bidang Human Resources dari PT APG Westkampar Indonesia Adam Syahruddin Harahap.

Pjs. Manager of Operation Bonni Andrian menyampaikan bahwa kegiatan APGWI Goes to Campus merupakan upaya dari perusahaan untuk lebih mendekatkan industri hulu migas kepada mahasiswa sekaligus memberikan tips dan trik bagaimana lulusan kampus mampu dan siap bekerja di industri hulu migas.

“Kami hadir dengan harapan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa dan kami berharap mahasiswa dapat memahami industri hulu migas dan berkontribusi dalam industri hulu migas,” ungkap Bonni.

Rektor Universitas Pasir Pengaraian Dr. Hardianto, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa UPP merupakan salah satu dari 4 (empat) kampus yang berada di Rokan Hulu. UPP juga menjadi perguruan tinggi swasta terbesar di luar Kota Pekanbaru untuk wilayah Riau.

Lebih Lanjut Rektor UPP menyampaikan, kegiatan APGWI Goes to Campus selaras dengan kebijakan Menteri Pendidikan terkait program Kampus Merdeka. “Harapannya kegiatan ini tidak hanya berakhir pada kegiatan sharing session saja namun bisa ada tindaklanjutnya. Seperti contoh program kampus merdeka bisa menghadirkan pembicara untuk menjadi praktisi mengajar,” harapnya.

Rangkaian kegiatan ini juga dilakukan sharing session tekait dengan Kesiapan Mahasiswa dalam menghadapi Dunia Kerja serta kiat dan tantangan fresh graduate dalam menghadapi dunia kerja yag disampaikan oleh expert di bidang Human Resources dari PT APG Westkampar Indonesia Adam Syahruddin Harahap. Materi yang disampaikan antara lain adalah bagaimana fresh graduate dapat mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dan bagaimana menyiapkan dokumen CV dan lamaran kerja serta teknik menghadapi wawancara kerja di perusahaan.

Lebih lanjut, fresh graduate juga harus mampu untuk mengenali minat dan bakat, dan menetapkan tujuan karir serta mampu untuk mengembangkan diri melalui komunikasi yang efektif, berfikir kritis dan dapat bekerjasama dalam satu tim.

Antusiasme mahasiswa terlihat pada saat penyampaian materi yang disampaikan narasumber baik materi tentang operasional hulu migas maupun tentang kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa yang ingin bertanya dalam sesi tanya jawab.

Dalam rangkai APGWI Goes to Campus juga dilaksanakan penanaman pohon dimana terdapat 100 bibit pohon yang ditanam diarea Kampus Pasir Pengaraian. kegiatan penanaman pohon merupakan bagian dari upaya PT APGWI untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta mendukung program dari SKK Migas dibidang lingkungan.*

Exit mobile version