Gubernur Riau Dorong Parade Bhineka Tunggal Ika Jadi Agenda Tahunan

Gubernur Provinsi Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, mengungkapkan harapannya agar Parade Bhineka Tunggal Ika (BTI) dan Gelar Budaya Nusantara menjadi bagian tetap dari kalender acara tahunan Provinsi Riau. Beliau berpendapat bahwa kedua agenda ini dapat berkontribusi dalam memupuk semangat kebangsaan sekaligus menjadi daya tarik wisata yang mengundang kunjungan wisatawan ke Kota Pekanbaru. Foto: Ist

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Gubernur Provinsi Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, mengungkapkan harapannya agar Parade Bhineka Tunggal Ika (BTI) dan Gelar Budaya Nusantara menjadi bagian tetap dari kalender acara tahunan Provinsi Riau. Beliau berpendapat bahwa kedua agenda ini dapat berkontribusi dalam memupuk semangat kebangsaan sekaligus menjadi daya tarik wisata yang mengundang kunjungan wisatawan ke Kota Pekanbaru.

“Parade Bhineka Tunggal Ika dan Gelar Budaya Nusantara memiliki potensi untuk dijadikan acara rutin tahunan di Provinsi Riau. Hal ini tidak hanya mendukung semangat keragaman budaya bangsa, tetapi juga dapat menjadi acara pariwisata yang menarik wisatawan datang ke Pekanbaru,” ungkap Gubernur Syamsuar, Drs. H. Syamsuar, M.Si saat menerima kunjungan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau di kediamannya di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, pada Selasa (1/8/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, Kadis Kebudayaan, Raja Yoserizal Zen, Kepala Biro Adpim, dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam acara tersebut, Pengurus FPK Provinsi Riau turut hadir, termasuk Ketua FPK Auni M Noor, Sekretaris FPK Jailani Tan, Bendahara Syahrial, serta beberapa pengurus lainnya, seperti Fakrunnas MA Jabbar, Surachmat, Topa Simatupang, Peng Suyoto yang juga Ketua panitia Parade Bhineka Tunggal Ika, Hj Nurliah, Sadrianto, Eva Firman, dan Saparudin Koto.

Delegasi FPK Riau bertemu dengan Gubernur dalam rangka memaparkan persiapan Parade Bhineka Tunggal Ika dan Parade Budaya Nusantara yang akan diadakan di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Ketua Panitia, Peng Suyoto, menjelaskan bahwa Parade Bhineka Tunggal Ika akan melibatkan 47 Paguyuban dengan iring-iringan parade sekitar 4.000 orang. “Selain parade, juga akan disajikan 10 pertunjukan Budaya Nusantara dan Bazar makanan serta kerajinan khas daerah dari setiap Paguyuban,” tambahnya.*

BACA JUGA:  Tutup Turnamen Sepakbola Gubernur Riau Cup 2023, Ini Pesan Staf Ahli Gubernur