Indosat Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Korban Bencana Banjir Lahar Dingin di Sumatra Barat

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada Senin, 13 Mei 2024.

BeritaAzam.com, Sumbar – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada Senin, 13 Mei 2024. Bantuan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat untuk mendukung masyarakat yang terkena dampak bencana di berbagai daerah.

Bencana banjir lahar dingin ini terjadi pada Sabtu subuh di sejumlah lokasi di Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Padang Panjang. Indosat segera berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD), untuk memetakan kebutuhan masyarakat terdampak dan menentukan lokasi penyaluran bantuan.

Berdasarkan hasil pemetaan, Indosat menyalurkan bantuan di dua lokasi: Jorong Pagu-Pagu Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar, dan Simpang Bukik, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Bantuan dikirim melalui jalur darat untuk mencapai warga yang berada di posko pengungsian sekitar Tanah Datar dan Agam. Bantuan yang diberikan meliputi paket makanan siap saji, selimut, air mineral botol, paket obat-obatan, serta paket Kartu Perdana IM3 dan Tri.

Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Kami turut prihatin atas terjadinya bencana banjir bandang lahar dingin yang menimpa sejumlah warga di Kabupaten Agam dan Tanah Datar Sumatra Barat. Indosat berkomitmen untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia, terutama saat menghadapi kondisi tanggap darurat bencana. Kami berharap bantuan yang disalurkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat terdampak.”

Selain itu, Indosat memberikan kuota bonus sebesar 1 GB untuk satu hari bagi para pengguna IM3 di Sumatera Barat agar bisa terhubung dengan keluarga mereka. Pelanggan IM3 cukup mengaktifkan melalui 5578# atau di myIM3, sementara pelanggan Tri bisa mengaktifkan melalui 8888#.

BACA JUGA:  IOH Salurkan Bantuan ke Korban Banjir dan Longsor Manado

Gunung Marapi di Sumatra Barat menunjukkan peningkatan intensitas hujan yang tinggi. Tingginya debit hujan di hulu Gunung Marapi menyebabkan banjir bandang melanda tiga daerah di Sumatra Barat pada Sabtu malam, 11 Mei 2024. Bencana ini mengakibatkan 31 korban jiwa, dengan 15 orang meninggal dunia dan 16 orang luka-luka.

Di Kabupaten Agam, lokasi terdampak meliputi Sungai Pua, Bukik Batabuah, Kubang Putiah, Maninjau, Koto Tuo, Koto Gadang, dan Lasi. Sementara di Kabupaten Tanah Datar, daerah terdampak adalah Batipuah, Batipuah Selatan, Singgalang X Koto, Limo Kaum, Koto Laweh, Ai Angek X Koto, dan Pandai Sikek.*