Site icon berita Azam

Kontribusi Pada Pendidikan dan Lingkungan, PHR Diganjar Dua Penghargaan CSR Outlook 2023

Manajer CSR PHR WK Rokan, Pinto Budi Bowo Laksono mewakili perusahaan Migas tersebut menerima penghargaan prestisius dalam ajang CSR Outlook 2023.Foto: Hms

BeritaAzam.com, Pekanbaru – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil meraih dua penghargaan prestisius dalam ajang CSR Outlook 2023. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi PHR dalam bidang pendidikan dan lingkungan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PHR.

Dua penghargaan yang berhasil diraih oleh PHR adalah Best Practice in Education dan Best Practice in Environment, dengan menerima Trofi Silver. Acara ini diselenggarakan oleh PT Olahkarsa Inovasi Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD).

Prestasi ini menandai upaya dan dedikasi PHR dalam mengembangkan program TJSL yang berfokus pada sektor pendidikan dan lingkungan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dewan Juri, Dr. Didiet Widiowati, M.Si., dan Dr. Anni Rochaeni, ST., MT., kepada Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto, yang diwakili oleh Manager Corporate Social Responsibility PHR, Pinto Budi Bowo Laksono, dalam acara di Jakarta pada Selasa (25/7/2023).

Corporate Secretary PHR, Rudi Ariffianto, menyatakan bahwa PHR, selain menjadi tulang punggung dalam memastikan kebutuhan energi nasional terpenuhi, juga berfokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan upaya perlindungan lingkungan serta konservasi keanekaragaman hayati. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan ini, yang menjadi bukti kontribusi PHR dalam meningkatkan sektor pendidikan dan menjaga keseimbangan ekologi di wilayah operasionalnya di Provinsi Riau.

Dalam sektor pendidikan, PHR telah mengembangkan Program Peningkatan Kapasitas SDM di Provinsi Riau melalui berbagai kegiatan, seperti program kemitraan dengan perguruan tinggi, penguatan vokasi, peningkatan kompetensi dalam bidang STEM (Science, Tech, Engineering, Math), pemberian beasiswa, dan program magang. Hingga tahun 2023, program kemitraan perguruan tinggi PHR telah memberikan manfaat kepada 1.950 penerima, sementara peningkatan kompetensi STEM telah menguntungkan sekitar 300 orang, termasuk guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah.

Di samping itu, PHR telah memberikan Beasiswa Prestasi untuk putra-putri terbaik Riau dalam jenjang S1 di Universitas Pertamina dan S2 di Amerika Serikat, sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan dan pengembangan generasi muda yang berprestasi.

Dalam sektor lingkungan, PHR fokus pada Program Konservasi Gajah dengan Pendekatan Agroforestri. Melalui kerja sama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Rimba Satwa Foundation, PHR aktif melindungi lebih dari 70 ekor Gajah Sumatra dan berhasil meningkatkan populasi sebanyak 7 ekor bayi Gajah Sumatera. Selain itu, melalui program penanaman 43 hektar Agroforestri Ramah Gajah yang bernilai ekonomi tinggi bagi masyarakat, PHR juga turut memberikan manfaat ekonomi, lingkungan, dan keberlanjutan ekosistem.

Dengan kolaborasi dan komitmen yang kuat, PHR bersama dengan mitranya, Rimba Satwa Foundation, terus berupaya melindungi lingkungan, meredam konflik antara gajah dengan manusia, demi keberlangsungan spesies dan kesejahteraan masyarakat setempat.

CSR Outlook 2023 merupakan acara yang diselenggarakan oleh PT Olahkarsa Inovasi Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD). Pada tahun ini, CSR Outlook mengusung tema ESG: Moving Towards Sustainable Future. Acara ini ditujukan untuk menghargai perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan berkomitmen dalam mendorong pembangunan berkelanjutan melalui pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, keseimbangan ekologis, dan pertumbuhan sosial. Penghargaan ini menjadi pengakuan atas komitmen dan kontribusi PHR dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.*

Exit mobile version