Mahasiswa Unilak Bela Riau di Ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024

Kristian Natanael Simangunsong akan mewakili Riau di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung 08 hingga 20 September 2024 mendatang.

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (TI Fasilkom Unilak) Riau Kristian Natanael Simangunsong akan mewakili Riau di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan berlangsung 08 hingga 20 September 2024 mendatang.

Kristian akan menjadi salah satu wakil Riau di cabang olahraga (cabor) e-Sport Free Fire ini mengatakan, timnya menargetkan membawa pulang emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Ya untuk turnamen kali ini, harapan saya memang dapat emas di PON ini,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (27/08/2024).

Mahasiswa semester 5 yang kerap disapa Tian ini menuturkan, ia menjadi salah satu dari lima orang pemain yang akan berlaga di PON. Tim Free Fire Riau berasal dari berbagai daerah di Riau, seperti dari Duri, Kandis, dan Pekanbaru.

“Saya dari Duri, satu dari Kandis, dan tiga dari Pekanbaru. Satu tim ada lima orang, ditambah satu pelatih jadi enam,” tuturnya.

Tian mengungkapkan, saat ini ia beserta tim rutin berlatih setiap hari selama delapan jam per harinya.

Sebagai seorang mahasiswa, Tian tidak memungkiri jika game kerap dipandang negatif karena bisa membuat seseorang lupa waktu, lupa makan, hingga lupa belajar. Namun, ia berikhtiar untuk menjadikan game lebih dari sekadar game tapi juga bisa menjadi jalannya untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama Riau.

“Kita balik lagi ke diri sendiri, seperti apa cara memanfaatkan game itu. Jangan sampai lupa dengan hal lain dan kewajiban kita. Kalau saya lebih menjadikan sesuatu yang menghasilkan,” jelasnya.

Tian berpesan kepada para gamer, meskipun hobi bermain game tetapi harus tetap ingat dengan kewajiban-kewajiban, serta tidak melupakan hal-hal penting, seperti makan, belajar, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Sekretaris Prodi Magister Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana Unilak Raih Gelar Doktor dengan Cumlaude

Sebelum ini, Tian juga sempat mengikuti beragam kejuaran dari tingkat warung kopi (warkop) hingga tingkat nasional. Ia mewakili Riau dalam PON Papua 2021, serta berhasil membawa pulang medali perak pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatra 2023.

Tak hanya itu, ia juga kerap mengikuti turnamen-turnamen e-Sport seperti Piala Gubernur, Dunia Games League (DGL) di Jakarta, TOP Coffee di Jakarta, Piala Bupati Pelalawan, dan lain-lain.

“Juara satu di Piala Gubernur, medali emas di seleksi daerah, medali perak di Porwil, dan di Piala Gubernur Riau juara satu,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Dr Hardi SE MM mengucapkan selamat atas terpilihanya Kristian sebagai perwakilan Riau. Menurutnya, apa yang telah dilakukan Kristian patut dicontoh dan dijadikan motivasi bagi para mahasiswa.

“Selamat untuk Kristian yang telah membela Provinsi Riau di PON Sumut Aceh 2024. Semoga mampu menyumbangkan medali,” harapnya, Selasa 27 Agustus 2024.

Dukungan juga disampaikan oleh Dekan Fasilkom Dr Yogi Yunefri. Ia berharap Kristian mampu meraih hasil terbaik pada gelaran tersebut.

“E-Sport saat ini digandrungi oleh mahasiswa, dan ketika hobi ini dilakukan dan disalurkan pada hal positif, bisa memberikan prestasi dan bisa membela Riau di PON. Semoga prestasi Kristian bisa terus meningkat,” pungkasnya.*