Site icon berita Azam

Malam Anugerah SMSI 2023: Firdaus Soroti Isu Konglomerasi Pers

Tokoh nasional dan budayawan Indonesia, Soegeng Rahardjo Djarot atau Eros Jarot, dianugerahi penghargaan sebagai tokoh Pejuang Kemerdekaan Pers oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam acara Malam Anugerah SMSI 2023.

BeritaAzam.com, Jakarta – Pada Jumat malam (11/08/2023), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) mengadakan acara Malam Anugerah dan Peluncuran Buku SMSI berjudul “Ekspedisi Geopark Kaldera Toba” 2023 di Hall Dewan Pers.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan pengurus SMSI dari berbagai daerah, serta tokoh-tokoh penting seperti Wakil Ketua Dewan Pers Muhamad Agung Dharmajaya, Tokoh Pers Nasional Eros Djarot, Ketua Umum SMSI Firdaus beserta anggota Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Sekjen SMSI. Acara juga dihadiri oleh perwakilan Menteri Kominfo, Anggota DPR RI dari Dapil Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra, perwakilan dari Google Indonesia, Pj Gubernur Banten, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Tapanuli Utara, serta konstituen Dewan Pers dan tamu undangan lainnya.

Kehadiran pengurus SMSI Riau, yang dipimpin oleh Ketua SMSI Riau Novrizon Burman, juga terlihat dalam acara ini. Mereka didampingi oleh Ketua Dewan Penasihat SMSI Riau, Zulmansyah Sekedang, Sekretaris SMSI Riau Zulmiron, dan Bendahara SMSI Riau Luna Agustin.

Dalam sambutannya, Ketua Umum SMSI Firdaus menjelaskan bahwa Anugerah SMSI 2023 merupakan bagian dari program rutin SMSI yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada individu atau pihak yang memiliki pengaruh signifikan dalam dunia pers. Beberapa penghargaan yang diberikan meliputi Anugerah Sahabat Pers Indonesia kepada Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Anggota DPR RI Sutan Adil Hendra. Penghargaan Pelopor Pers Merdeka diberikan kepada Profesor Azyumardi Azra dan Eros Djarot. Sedangkan PIN Emas diberikan kepada Direktur Kemitraan Berita Google.

Firdaus juga menyinggung isu penting mengenai adanya dugaan konglomerasi pers secara nasional, yang berdampak negatif terhadap media-media kecil di daerah. Dia menekankan bahwa meskipun menghadapi tantangan ini, SMSI tetap akan terus berjuang dan eksis di dunia pers.

Wakil Ketua Dewan Pers Muhamad Agung Dharmajaya dalam sambutannya membahas peran penting Dewan Pers dalam mengawasi media di seluruh Indonesia. Agung juga mendorong wartawan untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Dewan Pers juga memberikan apresiasi terhadap program SMSI yang dianggap inspiratif bagi semua pihak. Agung berharap agar semua pihak dapat menjaga tanggung jawab dan profesionalisme dalam dunia pers.

Eros Djarot Menerima Anugerah Sebagai Pejuang Kemerdekaan Pers

Tokoh nasional dan budayawan Indonesia, Soegeng Rahardjo Djarot atau Eros Jarot, dianugerahi penghargaan sebagai tokoh Pejuang Kemerdekaan Pers oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dalam acara Malam Anugerah SMSI 2023. Acara ini digelar di Hall Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta pada Jumat (11/08/2023).

Selain penghargaan kepada Eros Jarot, SMSI juga memberikan penghargaan kepada almarhum Profesor Azyumardi Azra sebagai pelopor Kemerdekaan Pers.

Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus secara langsung memberikan penghargaan kepada Eros Jarot. Penghargaan ini diberikan karena Eros Jarot telah gigih mengawal kemerdekaan pers sejak zaman Orde Baru, di mana Tabloid Detik miliknya dilarang terbit oleh rezim tersebut. Eros Jarot juga telah berperan dalam mendorong demokrasi di Indonesia.

Wakil Ketua Umum SMSI Pusat, Yono Hartono, yang mendampingi Eros Djarot saat menerima penghargaan, menyatakan bahwa Eros Jarot dan almarhum Profesor Azyumardi Azra adalah tokoh-tokoh yang berjasa dalam memajukan kemerdekaan pers di Indonesia.

Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu momen penting dalam Malam Anugerah SMSI 2023, yang mengakui kontribusi besar dari individu dan kelompok yang telah berjuang untuk kebebasan pers di Indonesia.*

 

Exit mobile version