Momentum Jum’at Curhat: Apresiasi Warga untuk Kinerja Polri di Polresta Pekanbaru dan Polsek Limapuluh

BeritaAzam.com, Pekanbaru — Dalam agenda rutinnya setiap Jum’at, pada minggu ke-3 bulan Ramadhan 1445 H, Polresta Pekanbaru menggelar “Jum’at Curhat” dan pemberian bantuan sosial di wilayah hukum Polsek Limapuluh.

Acara “Jum’at Curhat” tersebut diadakan di Aula Polsek Limapuluh, Jalan Sisingamangaraja No.72, Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru, pada Jum’at (29/03/2024).

Turut hadir dalam “Jum’at Curhat” tersebut adalah Kapolsek Limapuluh Kompol Bagus Harry Priyambodo, SIK.,MH., Kabag Sumba Polresta Pekanbaru Kompol Wahariyana, Kasat Binmas yang diwakili oleh Kaur Bin Ops Binmas Ipda Ilyond, Kanit Binmas Polsek Limapuluh Iptu Awaludin dan Bhabinkamtibmas se-Kecamatan Limapuluh dan Sail serta undangan lainnya.

Kapolsek Limapuluh, Kompol Bagus, menyampaikan bahwa Polisi modern adalah Polisi yang lebih mengutamakan upaya pencegahan daripada penindakan.

“Oleh karena itu, masyarakat perlu berperan aktif dalam mendukung dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban, agar tetap aman, damai, dan kondusif. Selama liburan Idul Fitri, kepolisian, khususnya Polsek Limapuluh, akan melakukan patroli rumah kosong untuk meminimalkan kejahatan,” ujar Kompol Bagus.

Sementara itu, Kabag Sumda Polresta Pekanbaru, dalam sambutannya, menyebutkan bahwa program “Jum’at Curhat” merupakan program unggulan Polri yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, mendengarkan keluh kesah, dan mencari solusi terbaik terhadap permasalahan yang ada.

Pada sesi tanya jawab, warga mengapresiasi kinerja Polri, terutama Polsek Limapuluh, yang responsif dalam menanggapi keluhan masyarakat.

Di sisi lain, warga juga mengusulkan agar kepolisian mengaktifkan kembali layanan SIM keliling dan memperbaiki peralatan komunikasi petugas ronda di wilayah RW 06.

Kabag SDM Polresta Pekanbaru menanggapi bahwa perpanjangan SIM memerlukan beberapa persyaratan, seperti tes kesehatan dan tes psikologi. Saat ini, loket perpanjangan SIM hanya dibuka di RSDC dan Mal Pelayanan Publik. Namun, Tim “Jum’at Curhat” akan menyampaikan masukan dari masyarakat agar layanan SIM Keliling dapat diaktifkan kembali.

BACA JUGA:  Kolaborasi ELNUSA dan PHR Sukses Rampungkan Proyek Survei Seismik 3D Balam South East

Sementara itu, Kaur Binops Sat Binmas Ipda Ilyond menyatakan bahwa kepolisian, khususnya fungsi Binmas, memiliki program penyerahan sarana kontak kepada masyarakat, seperti peralatan Satkamling dan sarana olahraga yang akan didistribusikan secara berkala di setiap kecamatan. Mungkin beberapa bulan mendatang, sarana tersebut akan dapat disalurkan ke Pos Kamling RW 06, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Sail.

Ditempat terpisah, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika,SIK melalui Kasi Humas AKP Samin Tampubolon menyebutkan.

“Dengan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat, dapat terjalin kemitraan serta kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan,” sebut AKP Samin.*