PKKMB Unilak 2024 Wujudkan Kampus Hijau, Kampus Beragam Budaya dan Kampus Bersahabat

Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Kegiatan PKKMB ini berlangsung selama dua hari, yaknk Rabu (09/10/2024) dan Kamis (10/10/2024).

Tema PKKMB Unilak 2024 ini adalah A Great Journey to Excellence dan diharapkan menjadi langkah awal dalam memulai perjalanan besar meraih kesuksesan bersama Unilak.

Rektor Unilak Prof Dr Junaidi SS MHum PhD mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru.

“Ini adalah langkah awal yang besar bagi Anda untuk meraih keutamaan untuk meraih kualitas yang lebih baik, untuk menyongsong masa depan. Makanya, tema hari ini adalah A Great Journey to Excellence,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, saat ini Unilak hadir dengan semangat baru dan mengusung tagline Kampus Hijau, Kampus Beragam Budaya, dan Kampus Bersahabat.

Kampus Hijau atau Green Kampus diwujudkan dengan hadirnya alma yang molek, ekoriparian, danau, dan hutan yang membawa kesegaran.

“Untuk mewujudkan kampus yang ramah lingkungan, kami juga terus berupaya untuk mengurangi penggunaan botol plastik. Jadi mulai sekarang, bawa botol minuman sendiri ya,” tegasnya.

Kemudian, Prof Junaidi juga memaparkan, maksud dari Kampus dengan beragam budaya atau multicultural campuss adalah adanya keberagaman dari suku, bangsa, etnis, budaya, dan agama di lingkungan civitas akademika Unilak.

“Keragaman ini menjadi kekuatan untuk saling bersatu meraih mimpi. Mari kita terus menjaga indahnya keberagaman,” ajaknya.

Tak hanya itu, Prof Junaidi juga menjelaskan makan dari Kampus Bersahabat atau friendly campus, dimana Unilak mengedepankan layanan kampus yang bersahabat serta memberikan kesempatan kepada yang memiliki kebutuhan khusus, serta berupaya menciptakan kampus ramah disabilitas.

“Semangat keramahan menjadi dasar bagi mahasiswa, karyawan, dosen, dan masyarakat untuk menciptakan kehidupan harmoni,” tuturnya.

BACA JUGA:  Gubernur Riau Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Susun Unilak

Oleh karena itu, Prof Junaidi mengajak seluruh civitas akademika Unilak untuk mewujudkan generasi excellent.

Kegiatan PKKMB Unilak 2024 ini juga didukung oleh PT Arara Abadi. Dalam sambutannya, Direktur PT Arara Abadi APP Group Edi Haris MZ menyampaikan, pihaknya mengharapkan dapat ikut berkontribusi positif dalam menunjang visi misi Unilak di bidang pendidikan.

“Kami merasa bangga perusahaan bisa memfasilitasi paling tidak untuk mahasiswa-mahasiswa yang ingin magang dan PKL,”imbuhnya.

Edi Haris mengatakan, pihaknya juga membuka kesempatan yang lebih luas terkait kerja sama Unilak. Ke depannya tidak hanya di Fakultas Kehutanan, tetapi juga fakultas-fakultas yang berkaitan dengan apa yang ada dalam pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI) di PT Arara Abadi.

“Dengan adanya MoU PT Arara Abadi dengan Unilak, tentu kesepakatan akan lebih luas,” jelasnya.

Selain itu, Edi Haris juga berharap pihaknya bisa menjadi bagian dalam mewujudkan visi misi Unilak. “Semoga kesepakatan ini bisa menghasilkan lulusan-lulusan hebat,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Mewakili PJ Gubernur Riau Rahman Hadi, Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr Arden Simeru mengatakan, PKKMB merupakan wadah bagi setiap perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa.

“Ini akan menjadi bekal untuk keberhasilan studi di perguruan tinggi,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Riau mendorong Unilak agar dapat terus menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan generasi muda yang profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, riset, inovasi, berjiwa entrepreneur, serta mampu bersaing secara nasional dan internasional tanpa meninggalkan ajaran budaya Melayu.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar, dan tertib, sehingga nanti akan lahir para calon pemimpin masa depan dari Unilak,” harapnya.

BACA JUGA:  Mahasiswi FH Unilak Melisa Rizka Raih Juara 2 Grand Final Puteri Literasi Indonesia Tingkat Nasional 2024

Dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi terkait Kebangsaan dan Kamtibmas, Anti Perundungan, dan Kekerasan Seksual dari Korem dan Polda, kemudian MoU antara Unilak dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terkait digitalisasi kampus, serta literasi keuangan dan literasi digital dari BAnk BRI.

Untuk menjadikan generasi baru yang sehat dan mencintai negara, juga diberikan pemahaman bertema Sukses Tanpa Narkoba dan Edukasi Pemilu dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan pemateri dari PT Arara Abadi-APP Group bertema Sustainability Dunia Usaha dalam Menjaga lingkungan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Implementasi Desa Makmur Peduli Alam (DMPA). Setelah itu dilanjutkan dengan atraksi pemadaman api.

Mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan berbagai organisasi-organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Unit Kegiatan Kampus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Di hari kedua, mahasiswa baru juga dikenalkan terkait fakultas serta sistem informasi akademik dan organisasi kemahasiswaan (ormawa) fakultas.(*)