Site icon berita Azam

Prakiraan Cuaca: Riau Berpotensi Hujan Siang Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memperkirakan bahwa wilayah Provinsi Riau masih berpotensi mengalami hujan pada hari ini, Jumat (8/9/2023).

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru memperkirakan bahwa wilayah Provinsi Riau masih berpotensi mengalami hujan pada hari ini, Jumat (8/9/2023).

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Bibin S, menjelaskan bahwa Riau berpotensi mengalami hujan mulai dari siang nanti.

“Pagi hari ini di Provinsi Riau diperkirakan akan cerah berawan. Potensi hujan baru akan muncul pada siang hingga sore hari, dan cuaca akan cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Riau,” kata Bibin.

Pada malam hari, cuaca masih akan cenderung cerah berawan dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah, termasuk Rokan Hulu, Kampar, Pekanbaru, Pelalawan, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir.

Pada dini hari, prakiraan cuaca masih menunjukkan kondisi cerah berawan dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Suhu udara di wilayah ini diperkirakan berkisar antara 23,0 hingga 32,0 °C, sementara kelembapan udara berada dalam kisaran 58 hingga 99%.

Angin di wilayah ini bergerak dari arah Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan antara 10 hingga 30 km/jam.

“Untuk prakiraan gelombang laut, ketinggian gelombangnya berkisar antara 0,50 hingga 1,25 meter (Rendah) di perairan Provinsi Riau,” jelas Bibin.

Sementara itu, total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera pada hari ini mencapai 14 titik, dengan distribusi satu titik di Aceh, sembilan titik di Lampung, empat titik di Sumatera Selatan, dan nihil di Riau.*

Exit mobile version