Saat Kampanye Cabup Afni, Warga Sungai Apit Ungkap Penerima PKH Diintimidasi

Intimidasi yang diduga dilakukan oknum perangkat pemerintah daerah pada Pilkada Siak, semakin mencuat. Hal ini kembali terungkap saat kampanye dialogis antara Paslon nomor urut 2 Afni-Syamsurizal di Kayu Ara, Sungai Apit, Rabu (9/10/24).

BeritaAzam.com, Sungai Apit – Intimidasi yang diduga dilakukan oknum perangkat pemerintah daerah pada Pilkada Siak, semakin mencuat. Hal ini kembali terungkap saat kampanye dialogis antara Paslon nomor urut 2 Afni-Syamsurizal di Kayu Ara, Sungai Apit, Rabu (9/10/24).

“Kami terima laporan kalau ada penerima PKH ditakut-takuti akan dicoret dari daftar, jika ketahuan mendukung atau hadir di acara kampanye sayo. Laporannyo ado dimano-mano. Apo jugo terjadi disini?,” pancing Dr.Afni pada ratusan massa yang hadir.

Spontan suasana kampanye menjadi riuh, ketika sekelompok besar Ibu-ibu menjawab “Iya Buk, betul,”. Tentu saja jawaban ini mengejutkan Dr.Afni. Calon Bupati perempuan pertama Siak ini lantas menanyakan ulang. Jawaban dari masyarakat tetap sama.

“Dilarang hadir kampanye Ibu Afni. Apalagi kalau ketahuan memilih. Sudah pasti akan dicoret namanya dari penerima PKH,” kata seorang warga.

Temuan ini sangat disayangkan di tengah para pihak disebut Dr.Afni sudah melaksanakan deklarasi Pemilu Damai. Ia menyayangkan ada intimidasi di tengah seharusnya warga diberikan hak memilih di negara demokrasi.

“Apalagi inikan penerima PKH warga miskin. Dzolim berbohong begitu. Tolonglah Bapak Ibu bantu sampaikan ke semuanya, bahwa PKH itu program nasional dan wajib dilaksanakan oleh siapapun Bupatinya. Jadi kalau ada yang mengancam akan dicoret dari daftar penerima PKH hanya karena dukung saya, itu tanda mereka pengecut,” tegas Dr.Afni.

Aktivis pembela hak hutan tanah rakyat ini meminta masyarakat untuk melawan segala bentuk intimidasi di masa Pilkada.

“Jangan takut untuk melapor ke Bawaslu atau Panwaslu. Kalau perlu saat diancam begitu, rekam. Harus dilawan segala bentuk pembodohan begini, apalagi yang diintimidasi adalah orang miskin,” tambahnya.

Sementara itu dalam agenda kampanye di Sungai Apit, ratusan massa tampak antusias menghadiri tiap titik kampanye Paslon nomor 2 ini.

BACA JUGA:  Rhenald Kasali dan Ratusan Rektor di Forum SEVIMA: Kampus Harus Berubah dan Menjadi Melek Teknologi

Dan hampir setiap titik kampanye tersebut Dr.Afni terima pengaduan masyarakat terkait intimidasi masyarakat kecil oleh oknum-oknum yang merasa berkuasa.

Kampanye tersebut juga dihadiri Calon Wakil Bupati Siak Syamsurizal, Selamat politisi yang mendukung Afni-Syamsurizal, Tim koalisi dari partai Golkar, tokoh masyarakat Sungai Apit, tokoh partai Nasdem Siak, serta ratusan masyarakat Sungai Apit yang hadir dalam kampanye dialogis tersebut. *