Siapkan SDM Sesuai Kebutuhan Industri dan Usaha, Prodi Arsitektur Unilak Gelar FGD Akselerasi Kurikulum

BeritaAzam.com, Pekanbaru – Dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri serta usaha di masa kini, Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi Kurikulum yang digelar di Aula Pustak Unilak, Kamis (1/8/2024).

Agenda ini dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha/industri di sektor terkait seperti CV Citratama Arsitek, PT Asrimadya Tuah Karya, PT Malano Pilar Konsultan, Sintesa Architect Studio, Yodyakarya dan lain-lain ini.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Dr Yose Rizal ST MT menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memperkuat kurikulum guna menghasilkan SDM yang diperlukan oleh dunia industri dan usaha.

“Kami menyiapkan mahasiswa kami agar termanfaatkan keilmuan di dunia usaha,” tuturnya.

Selain itu, Dekan Fakultas Teknik Dr Zainuri ST MT mengungkapkan, pihaknya ingin menciptakan tenaga arsitektur sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan di masa sekarang, sehingga diperlukan penyelarasan mata kuliah agar sesuai dengan dunia kerja.

“Harapan kita, dengan adanya akselerasi kurikulum ini, kami bisa menyiapkan SDM yang siap terjun di lapangan,” tukasnya.

Tak hanya itu, Wakil Rektor III Dr Hardi SE MM turut menyambut baik agenda tersebut. Ia mengucapkan terimakasih kepada stakeholder yang telah meluangkan waktu dalam FGD Akselerasi Kurikulum Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Unilak.

Ia berharap, kegiatan ini bisa menyamakan persepsi antara pelaku usaha/industri dan akademisi, sehingga ke depannya lulusan Unilak dapat diterima sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Mohon masukannya dari para praktisi untuk kemajuan universitas kami, khususnya untuk Prodi Arsitektur. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah berpartisipasi,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Prodi Arsitektur Unilak dengan para pelaku usaha/industri yang hadir. Kemudian agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber dan sosialisasi visi misi dan kurikulum Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Unilak.*

BACA JUGA:  Kabar Gembira! Unilak Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024, Tersedia Kuota Disabilitas, Hafiz Quran dan Prestasi