Site icon berita Azam

Sudah Terbukti, Cabup Afni Suarakan Penyelamatan Kawasan Pesisir Siak

Cabup Siak Dr.Afni saat mengunjungi Jembatan Mangrove disela-sela jadwal kampanyenya di Dusun Ketari Kampung Sri Gemilang, Senin (14/10/2024) - foto: istimewa

BeritaAzam.com, Koto Gasib – Sesuai dengan visinya yaitu terwujudnya Siak hebat, bermartabat, berkarakter budaya Melayu, dan berbudaya saing berbasis ekologi, Calon Bupati Siak nomor urut 2 Dr.Afni Z, M.Si berkeinginan mengelola lebih baik Mangrove Kampung Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib.

Hal ini diungkapnya saat mengunjungi Jembatan Mangrove disela-sela jadwal kampanyenya di Dusun Ketari Kampung Sri Gemilang, Senin (14/10/2024).

Dr.Afni yang juga Ketua Muslimat NU Siak bukan orang baru di dunia mangrove. Afni sudah terbukti memiliki rekam jejak sebagai pendamping bagi pejuang mangrove di Siak yakni Mangrove Kayu Ara Permai di Kecamatan Sungai Apit. Tak hanya di Siak, Afni juga pendamping mangrove di Kabupaten Bengkalis.

“Mangrove ini bagian dari kekayaan kita. Kalau kita kelola dengan baik, mangrove bisa memberikan multi manfaat. Kita perlu melakukan penyelamatan kawasan pesisir Siak seperti Sungai Apit dan Koto Gasib, untuk melindungi dari ancaman abrasi,” ujar Afni.

Lanjut Afni, kegiatan ini sesuai dengan programnya yakni membuka ruang terbuka hijau di setiap kecamatan di Kabupaten Siak.

“Kawasan pesisir menjadi prioritas kami. Dengan anggaran yang ada, tidak mungkin kita tidak bisa buat ruang terbuka untuk membahagiakan masyarakat,” sebutnya.

Mangrove sendiri memiliki banyak kegunaan. diantaranya mencegah abrasi pantai. Dimana akar mangrove yang efisien dapat melindungi tanah di pesisir pantai dari pengikisan air laut.

Selain itu, mangrove juga berfungsi sebagai habitat bagi satwa. Mangrove menjadi tempat tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai jenis satwa, seperti ikan, udang, kerang, kepiting, biawak, kura-kura, monyet, burung, dan ular.

Masih banyak kegunaan lainnya dari hutan mangrove, seperti mencegah intrusi air laut, Menyerap karbon, sumber pendapatan bagi nelayan, bahan Pangan dan lainnya.

Sebut Afni Kondisi jembatan mangrove di Sri Gemilang yang sudah diperbaiki dari jembatan kayu menjadi jembatan beton menggunakan APBN 2024 sudah bagus.

“Tinggal bagaimana caranya di depan pintu masuk harus dikelola dengan baik. Seperti lahan parkir, tempat masyarakat bisa berkumpul, UMKM bisa berkembang. Diberikan stimuluse untuk pengelola mangrove. Ini sudah bagus beton. Tinggal ditingkatkan lagi,” sebutnya.

Usai mengunjungi Mangrove, Afni kembali ke lokasi kampanye menggunakan motor. Datangnya Afni disambut oleh para warga yang sudah menanti kedatangan Dosen Unilak ini. Seperti di lokasi kampanye lainnya, Afni memaparkan program kerja apa saja yang nanti akan dilaksanakan ketika sudah menjabat sebagai Bupati Siak. *

Exit mobile version