Tak Terpengaruh Isu Gender, Masyarakat Sungai Mandau Mantap Menangkan Afni

Cabup Afni peragakan alat kampanye pada masyarakat Sungai Mandau. (Jum'at, 11/10/2024). (foto: istimewa).

BeritaAzam.com, Sungai Mandau – Di tengah serangan dari lawan politik perihal isu gender, Calon Bupati perempuan Dr.Afni Z, M.Si tetap fokus berkampanye ke pelosok kampung di Kecamatan Sungai Mandau. Ia berkeliling naik sepeda motor dan melakukan sosialisi dengan menyapa langsung masyarakat kampung.

Di setiap titik kampanye, Jumat (11/10) ratusan masyarakat Sungai Mandau menyambut Calon Bupati perempuan pertama Siak ini dengan antusias. Bahkan ada yang menyambut dengan kompang. Dukungan untuk Paslon nomor urut 2 Dr.Afni-Syamsurizal terbukti terus mengalir.

“Kami tetap akan memilih Ibu Afni. Mereka yang menyebut perempuan tak bisa memimpin, tanda penakut. Bengkalis Bupatinya perempuan terbukti maju juga daerahnya. Kami ingin perubahan dan ganti Bupati dengan memenangkan Ibu Afni,” kata salah satu tokoh masyarakat, Sahar.

Ada tiga titik kampanye dialogis ‘Kito GAS’ di tiga desa di Sungai Mandau. Dengan menggunakan jilbab tosca yang merupakan ciri khasnya, titik kampanye pertama dilaksanakan di Dusun 2 Desa Sungai Selodang.

Sekretaris Tim Koalisi Kemenangan Sungai Mandau Jainudin mengatakan ada dua permasalahan yang dihadapi masyarakat Dusun 2.

Pertama terkait jalan penghubung antara Dusun 1 dan Dusun 2. Jai sebut ada sekitar 5 kilometer jalan yang perlu diaspal. “Di Sungai Mandau ni, 5 tahun sekali itupun dipenghujung pulak, baru jalan diperbaiki,” ujar Jai.

Permasalahan kedua terkait status tanah masyarakat setempat tidak bersertifikat karena termasuk kawasan konsensi.

“Kawasan sungai Selodang ini banyak masuk kawasan hutan. Warnanya tidak putih, tapi kuning. Padahal kebun sudah diolah sebelum ada perusahaan,” ujar Jai.

Sementara itu, di titik kampanye ke dua di Jalan Pemda Desa Lubuk Jering, tokoh Masyarakat setempat mengatakan Dr.Afni merupakan Cabup pertama yang berani kampanye di wilayah tersebut.

BACA JUGA:  Magister Akuntansi Resmi Berdiri di Unilak, Pendaftaran Mahasiswa Baru Telah dibuka

“Baru ibuk satu-satunya calon Bupati yang sampai ke pelosok sini. Selama ini tak ada yang perhatian sama kami,” ujar Sahar.

Sedangkan titik terakhir dilaksanakan pada malam hari di Desa Olak. Tumpah ruah massa memadati lokasi kampanye. Ketua Relawan Kemenangan mengatakan Dr.Afni merupakan sosok yang ramah dan santun kepada masyarakat.

Agus meminta masyarakat Desa Olak untuk menyimak program-program apa saja yang disampaikan Cabup Siak, sehingga masyarakat tau seperti apa sosok yang pemimpin perempuan pertama di Siak.

Afni mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Sungai Mandau yang terus mendukung niat baiknya untuk maju menjadi Bupati Siak.

Ditengah gemparan tim lawan yang menyebarkan isu perempuan tidak boleh memimpin, Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama Siak ini memilih fokus berikhtiar menjumpai masyarakat untuk memperkenalkan program-programnya.

“Saya sabar saja mereka mau serang soal isu murahan itu. Karna para ulama telah menegaskan bahwa Perempuan boleh memimpin. Saya sudah mendapat restu para ulama dan Kyai. Jadi saya mau fokus saja pada jualan program, bukan jualan ujaran kebencian,” kata Afni.

Afni mengajak masyarakat Kecamatan Sungai Mandau untuk mencetak sejarah pertama kalinya Kabupaten Siak dipimpin oleh perempuan.

Melalui 17 program kerja yang dijanjikan paslon nomor urut 2 Dr Afni Z – Syamsurizal, Afni berjanji akan mensejahterakan dan membahagiakan masyarakat Kabupaten Siak. *