Site icon berita Azam

Waspada! Harimau Sumatera Muncul di Area Konsesi HTI Kilometer 14 Doral Siak

Harimau Sumatera Muncul di Area Konsesi HTI Kilometer 14 Doral Siak Ss rekaman penampakan Harimau Sumatera di Area Konsesi HTI Km. 14 Doral, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak (foto: istimewa)

 

BeritaAzam.com, Siak – Seekor Harimau Sumatera terekam kamera sekuriti PT. Arara Abadi saat sedang patroli, Rabu (18/10/23) sekitar pukul 04.00 Wib. Penampakan hewan langka itu terjadi di Area Konsesi HTI Km. 14 Doral, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak.

Kepala BKSDA Riau, Genman S Hasibuan, membenarkan penampakan harimau itu. Harimau tersebut muncul di kawasan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) dan masih berada dalam kawasan yang satu wilayah dengan Taman Nasional (TN) Zamrud.

Tim BBKSDA Riau Resort Siak yang menerima laporan, Sabtu (21/10/23) pagi turun ke lokasi dan berkoordinasi dengan perusahaan. Kemudian melakukan pemasangan satu unit kamera trap, guna mendeteksi keberadaan Harimau Sumatera
tersebut.

Genman menjelaskan lokasi kemunculan harimau itu di habitat alaminya. Diduga harimau muncul karena adanya hewan ternak warga yang berkeliaran di konsesi tersebut. Harimau mungkin mengintai hewan ternak itu. Data menunjukkan bahwa pernah ada insiden sapi yang dimangsa oleh harimau di lokasi tersebut.

“Lokasi munculnya harimau itu di habitat alaminya dan masih satu hamparan dengan kawasan TN Zamrud,” jelas Genman, Sabtu (21/10/2023).

Atas kejadian tersebut, BBKSDA Riau menghimbau kepada pekerja dan masyarakat disekitar lokasi, untuk waspada. Serta tidak beraktifitas seorang diri, terutama saat sore dan malam hari.

Tim BKSDA Riau akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat setempat untuk memantau dan menjaga keberadaan harimau tersebut. Sehingga konflik antara satwa liar dan manusia bisa dihindari, dan keberadaan Harimau Sumatera dapat tetap terjaga di habitat alaminya.*

Exit mobile version